ASAL-USUL MARGA DARI RAJA BATAK - Kumpulan Artikel
Headlines News :
Home » » ASAL-USUL MARGA DARI RAJA BATAK

ASAL-USUL MARGA DARI RAJA BATAK

Written By Hermanto Samosir on Thursday, March 21, 2013 | 1:44 AM

Tulisan ini mungkin belum begitu lengkap, atau masih banyak kekurangan, tapi setidaknya kami mencobak untuk menghadirkan atau menceritakan tentang silsilah marga-marga batak. Semoga saja tulisan ini menambah kepuasan bagi pembaca. 
Banyak versi yang menyebutkan bahwa Si Raja Batak berasal Dari India yang saat itu Kerajaan Cola dari India meyerang Kerajaan Sriwijaya yang mendarat pertama kali di kota Barus (Sumatera Utara) hingga ada batu prasasti di portibi. 
Ada juga menurut cerita, orang bangsa Proto Malayan (pernah tinggal di Thailan, Filipina) yang berimigrasi ke semenanjung Yunan, suku Toraja pun juga dari Proto Malayan makanya Bahasa batak mirip sama bahasa Toraja. 
Tapi menurut pakar Astronomi dan Geofisika mengatakan bahwa Negara Indonesia terbentuk disebabkan membekunya kutub selatan yang membentuk suatu Benua ES sehingga laut menyurut dan terdapat pulau-pulau kecil yang dulunya tenggelam dalam laut. Lalu tak lama kemudian datanglah suku-suku pendatang yang menghuni lahan baru entah dari mana asalnya. 
Menurut dongeng Si Raja Batak lahir dari telur Manuk-manuk Hulambujati yaitu seekor ayam yang sebesar kupu-kupu namun telurnya sebesar periuk tanah. Manuk-manuk hulambujati mintak petunjuk Mulajadi Nabolon (Sang Pencipta) cara mengerami telur tersebut. Mulajadi Nabolon mempunyai tiga anak yaitu Batara Guru, Soripada dan Mangala Bulan. Ketiganya dikenal dengan sebutan Debata Sitolu Sada atau Debata Na Tolu. Ingga terciptalah agama pertama orang Batak yang disebut Parmalim & Sipele Begu. Mereka percaya bahwa dunia dibagi menjadi tiga Benua : Ginjang, Tonga & Toru.
Share this article :

0 comments:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Proudly powered by Blogger
Copyright © 2011. Kumpulan Artikel - All Rights Reserved
Template Design by Creating Website Published by Mas Template